Cara Memasang Password pada LILO Bootloader

Cara-Memasang-Password-pada-LILO-Bootloader
Ilustrasi - Pictures By WikiPedia
Setiap distribusi linux memiliki bootloader baik itu Lilo maupun Grub. Bootloader ini berfungsi untuk menampilkan opsi sistem operasi yang akan digunakan saat Anda menjalankan sistem. Lilo dapat diinstal ke dalam Master Boot Record ( MBR ) atau pada partisi harddisk lain.

Cara Memasang Password LILO Bootloader

Untuk menambahkan password pada saat booting linux, dapat menambahkan baris berikut pada file konfigurasi /etc/lilo.conf tepat dibawah baris read-only.

Image=/vmlinuz
       label=Linux
       read-only
       password=isi password Anda


Gunakan text editor seperti vi atau nano untuk mengedit file konfigurasi tersebut. Lalu ketikan perintah seperti gambar dibawah ini.

konfigurasi lilo

Apabila file konfigurasi Lilo sudah terbuka maka tambahkan bari "password=isi password Anda" tepat dibawah baris read-only.

Jika anda kesulitan mencari baris read-only pada file konfigurasi Lilo, maka Anda tinggal menggunakan fasilitas pencarian pada text editor yang digunakan.

Jika kalian menggunakan text editor nano maka yang anda lakukan adalah tekan Ctrl+w dan ketik 'read-only' kemudian enter. lihat gambar dibawah ini untuk memperjelas.

konfigurasi file lilo bootloader

Kemudian tambahkan baris password dibawahnya seperti gambar berikut untuk memperjelas.

konfigurasi file lilo bootloader

Lalu save dengan cara tekan Ctrl+O kemudian Enter, untuk keluar dari text editor tekan Ctrl+X.
Selanjutnya restart Lilo dan reboot sistem Linux untuk melihat perubahan yang akan terjadi.

restar lilo bootloader

Saat Anda akan booting dengan sistem operasi Linux, maka Lilo akan meminta password Anda untuk memasukan password yang telah di-set sebelumnya di file konfigurasi Lilo.

login lilo bootloader

Semoga membantu.... Jika ada pertanyaan bisa bertanya pada kolom komentar.

Penting : Mohon maaf, Untuk gambar pelengkap tutorial ini akan segera di update, dikarenakan ada kesalahan pada blog yang membuat gambar diseluruh tampilan artikel pada blog ini tidak ada. Jika ada pertanyaan, silakan bertanya melalu kolom komentar dan akan kami respon.

Article "Cara Memasang Password pada LILO Bootloader" protected