Tanda - Tanda Serangan Virus Pada Flashdisk

Tanda - Tanda Serangan Virus Pada Flashdisk - Sebagai salah satu media komunikasi dan transfer data paling populer saat ini maka tidak heran jika pembuat virus sangat mengincar media ini untuk menyebarkan virus. Berikut ini beberapa gejala yang muncul jika flashdisk terserang virus:

Tanda - Tanda Serangan Virus Pada Flashdisk

Tanda Serangan Virus Pada Flashdisk

1. Munculnya bad sector
Memang untuk kaum awam mengenali bad sector tidak mudah tetapi yang jelas bahwa misalnya flashdisk tersebut didefrag maka akan muncul beberapa bad sector yang artinya disanalah virus bersarang.

2. Volume flashdisk berubah
Misalnya flshdisk anda 1 GB dan tiba-tiba berubah menjadi 78 KB maka pasti flashdisk sudah kena serangan. Waspadalah!!!

3. Beberapa folder/file tiba-tiba berubah ukurannya
Jika anda mempunyai folder yang berisi banyak gambar dan ukurannya tiba-tiba menjadi 78 KB, maka folder tersebut pasti sudah terinfeksi. Logikanya jika anda menyimpan banyak gambar dalam folder tersebut maka satu file gambar saja pasti sudah melebihi 78 Kb apalagi jika banyak gambar.

4. Muncul file-file baru yang asing namanya
Secara tiba-tiba ketika membuka komputer sudah ada file yang sebelumnya tidak pernah ada/dibuat. Formatnya bisa execute, atau text. Ekstensinya juga umum misalnya; .exe, .doc, .dll, .scr dan lain-lain. Namun harap diperhatikan bahwa file asing ini jumlahnya banyak dan ukurannya sama semua.

5. Muncul folder baru
Jika muncul folder baru yang tidak pernah anda buat atau copy dari tempat lain, apalagi jika ikonnya kasar atau aneh, folder tersebut pasti virus dalam flashdisk. baca juga cara menampilkan folder yang disembunyikan virus disini.

6. Tba-tiba muncul file baru bernama folder.htt
Jika dalam flashdisk anda tiba-tiba muncul file baru bernama folder.htt maka itu adalah file untuk mengaktifkan virus.

7. Muncul file autorun.inf
File autorun gunanya untuk mengeksekusi file tertentu ketika flashdisk diakses. Jangan coba-coba membuka file ini karena keadaan akan makin parah.

8. Muncul file desktop.ini
File desktop.ini secara default tidak akan pernah ada dengan sendirinya dalam flashdisk jika tidak anda masukkan.namun jika tiba-tiba muncul, maka waspadalah terhadap flasdisk ini. Jangan coba-coba membuka file ini karena keadaan akan makin parah.

9. Jika dalam folder terdapat sebuah folder lagi yang namanya sama persis dengan folder induk dan
tidak pernah anda buat maka itu adalah virus.

10. Pesan Run wscript.exe
Ketika flshdisk dicolok ke komputer dan pada jendela autopaly muncul pesan Run wscript.exe maka pesan ini adalah petunjuk untuk mengaktifkan virus. Biasanya pesan ini berada pada urutan pertama autoplay. Jangan pernah mengeksekusi pesan ini.


Article "Tanda - Tanda Serangan Virus Pada Flashdisk" protected